Selasa, 01 Maret 2011

Apa Itu Driver?

Pernahkah anda mendengar kata “Driver”? Bagi anda yang merasa seorang teknisi komputer pasti tidak asing lagi mendengar kata ini. Karena setiap kita memasang hardware kita membutuhkan driver agar hardware tersebut terpasang sempurna di komputer. Sebelumnya saya ingin menjelaskan definisi dari driver tersebut.

Driver pada arti Indonesia tersendiri ialah “Pengemudi”. Sedangkan dalam arti sesunguhnya driver adalah Suatu file yang berekstensi .inf yang fungsinya untuk membuat hardware yang kita pasang dapat berjalan atau bekerja. Jadi pada intinya semua hardware yang ada pada komputer kita mempunyai drivernya tersendiri. Hardware tanpa driver sama saja dengan seorang manusia yang tidak punya tangan dan kaki dan tidak bisa berbuat apa-apa dan menjadi parasit. Kenapa? karena jika hardware tanpa driver tersebut dibiarkan maka hardware itu bisa membuat habis daya pada power supply komputer sedangkan hardware tersebut tidak memberikan untung apa-apa.


Kemudian ada juga yang mengatakan jika driver itu adalah jika dalam keadaan sehari-harinya “kartu nama” sebuah driver. Jadi hardware jika ingin bekerja pada bos nya “Operating System”, maka hardware harus menunjukkan kartu nama “driver” dulu dengan menginstallnya sebelum hardware itu bisa bekerja. Jika hardware tersebut tidak punya identitas “driver” maka hardware tersebut akan dibiarkan saja nganggur dan menjadi benalu di komputer.

Driver biasanya ada yang sudah dimasukkan ke OS jadi ketika kita menginstall OS, kita tak perlu lagi menginstall driver bagi hardware tertentu. Tidak semua driver hardware di masukkan pada paket penginstallan OS. Jadi ada beberapa hardware yang harus diinstal sendiri drivernya. Dan biasanya juga driver yang ada pada paket penginstallan OS itu adalah driver universal. Jadi bisa saja ada beberapa fitur hardware yang tidak bisa digunkan. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengistall driver hardware yang ada pada komputer anda dengan driver yang berasal daari pabriknya atau melalui website resmi website tersebut.
Selain driver, ada juga satu applikasi tambahan dari driver yaitu software hardware controller kalau menurut bahasa saya sendiri. Yang merupakan applikasi yang tujuannya untuk mengatur beberapa fitur yang dimiliki oleh sebuah hardware. Seperti kita mengatur setting vga agar game yang dijalankan sempurna, atau melakukan overclocking pada processor? Applikasi tersebut biasanya didapatkan satu paket dengan driver yang kita ambil dari website resmi hardwarenya atau ketika membeli hardware tersebut. Yang mempunyai applikasi ini biasanya dominan pada hardware seperti vga dan souncard.

Menurut wikipedia, driver adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). Beberapa sistem operasi juga menawarkan device driver yang berjalan di dalam ruangan pengguna (userspace) sistem operasi. Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi. Driver juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras. Dengan kata lain driver merupakan sebuah program perangkat lunak yang beroperasi, mengontrol, atau mengatur perangkat lain atau elemen jaringan.
Reiza Zulkarnaen
Jakarta, Reiza Zulkarnaen
Back to Reiza Zulkarnaen™

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!