Sabtu, 29 Januari 2011

Browsing

Definisi Browser
Jika kita ingin menjelajahi World Wide Web maka kita membutuhkan sebuah aplikasi (software) yang sering disebut Browser. Ada beberapa browser yang lazim digunakan yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari dll.

Browser digunakan untuk mencari informasi di internet atau untuk menelusuri website dari seluruh jaringan internet di seluruh dunia. Untuk mencari informasi atau menelusuri website kita dapat langsung menuju pada alamat website yang dituju atau dengan mesin pencari (Search Engine).


Struktur Alamat Web
Contoh :
http://www.bsi.ac.id/
Keterangan :
http : Service transfer yang digunakan di dalam web, selain http (HyperText Transfer Protokol) juga ada FTP (File Transfer Protokol).
www : Alamat informasi di internet, WWW (World Wide Web).
bsi.ac.id : Alamat informasi yang dituju atau yang diinginkan dalam internet.

Domain Name
Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.
Berdasarkan artikel di wikipedia :
A domain name is an identification label to define a realm of administrative autonomy, authority, or control in the Internet, based on the Domain Name System (DNS).
Pada awal internet di kembangkan, satu sistem bernama IP address digunakan untuk memberikan alamat kepada masing-masing server yang tergabung ke dalam jaringan internet. IP Address ini berupa deretan angka. contohnya: 208.77.188.166. Jadi jika user internet hendak mengakses satu data di satu server, yang dia perli lakukan adalah mengakses server tersebut dengan mengetikkan alamat IP Address tersebut.
Namun seiring dengan laju perkembangan internet yang berkembang dengan sangat pesat, terjadi satu masalah: Pengalamatan dengan menggunakan IP Address dinilai kurang manusiawi. Kebanyakan orang kesulitan menghafal berdigit-digit angka seperti IP Address. Maka dari itu, munculah ide untuk memberikan alias menggunakan alfabet yang lebih manusiawi dan mudah dihafal dari pada pengalamatan menggunakan IP Address yang kurang manusiawi.

Contoh:
IP Address dari satu server adalah 208.77.188.166. karena mengetikkan berdigit-digit angka seperti itu kurang manusiawi, maka dibuatlah domain name www.example.com sebagai alias dari 208.77.188.166. Siapapun yang mengakses www.example.com, secara otomatis akan diarahkan ke server yang beralamat di 208.77.188.166.

Kesimpulannya:
Domain Name (Nama domain) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang dialamatkan oleh domain tersebut.


Website dan Webhosting
Website atau situs adalah sebuah lokasi di internet yang memiliki akses ke semua pengguna internet dan dapat saling bertukar dokumen dengan cara menghubungkan satu sama lain dalam suatu jaringan yang saling terhubung melalui jaringan komunikasi seperti kabel telepon.


Webhosting adalah tempat seseorang bisa menyimpan data atau dokumen di sebuah web server dan data atau dokumen ini tersambung dengan internet dengan harapan dapat diakses oleh orang lain.

Klasifikasi Nama Domain
  • Top Level Domain (TLD) adalah bagian nama terakhir yang berada di "dot" terakhir URL (Uniform Resource Locator / Pelokasi Sumber Daya Seragam)
  • Domain diklasifikasikan menjadi :
  1. Generic Top Level Domain (GTLD). Contoh : .com, .biz, .net, .edu, .gov dll
  2. Country Code Top Level Domain (CCTLD). Contoh : .id, .us, .my, .sg, .jp dll
Nama dalam GTLD

  • CCLTD adalah kumpulan domain berbasis nama negara yang didefinisikan di ISO-3166, sebagai contoh Indonesia memiliki CCLTD dengan akhiran ".id".
  • Pengelolaan domain di Indonesia dilakukan oleh PANDI (http://www.pandi.or.id/). PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) adalah badan hukum yang dibentuk oleh perwakilan dari komunitas teknologi informasi dan telah memenuhi syarat sebagai badan hukum di Indonesia.
Reiza Zulkarnaen
Jakarta, 29 Januari 2011
Back to Reiza Newbie™

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!