Senin, 22 November 2010

Komponen Komputer

Sesuai definisinya, komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mengolah data (input) menjadi informasi (output). Data adalah sesuatu yang belum diproses, wujudnya dapat berupa angka, teks, video, dan lain-lain. Sedangkan informasi adalah hasil yang didapat dari pengolahan data, yang berguna bagi manusia, misalnya hasil cetakan pada printer.

Untuk memproses data menjadi informasi, komputer dilengkapi dengan hardware yang dapat dibagi menjadi: 1) Media input, 2) Media output, 3) Unit komputer, 4) Media penyimpanan, dan 5) Media komunikasi.

 

I. MEDIA INPUT

Disebut juga perangkat input atau input device. Digunakan untuk memasukkan perintah dan data untuk diolah ke komputer. Misalnya keyboard, mouse, scanner, kamera video, mikrofon, dan kamera digital.
 


Keyboard, seperti yang kita ketahui, digunakan untuk memasukkan data berupa teks, atau melakukan perintah-perintah lainnya. 

Mouse digunakan untuk menggerakkan pointer dan melakukan instruksi-instruksi.  

Scanner atau pemindai menyalin materi cetak (teks atau gambar) menjadi data yang dapat dibaca di komputer. 

Kamera video sangat berguna jika ingin memasukkan file video ke PC.  

Mikrofon dapat mengirimkan suara atau audio, dan kamera digital berguna untuk mengirimkan file-file grafik.

II. MEDIA OUTPUT

Perangkat output (output device) menampilkan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia selaku brainware. Yang biasanya kita temui adalah printer, monitor, dan speaker.


Printer digunakan untuk mencetak hasil olahan komputer, biasanya berupa teks dan gambar.


Monitor menampilkan grafik, teks, dan video pada layar komputer. 

Sedangkan speaker melengkapinya dengan memperdengarkan audio.

III. UNIT KOMPUTER

Ada pula yang menyebutnya system unit, merupakan kumpulan komponen yang berperan dalam pemrosesan data. Media ini dapat kita temukan di dalam motherboard, yang terdiri dari processor dan memory.


Central Processing Unit (CPU) atau prosesor menerjemahkan perintah-perintah dasar untuk mengoperasikan komputer. Memori menyimpan perintah sekaligus data yang akan dijalankan, yang bersifat sementara.


IV. MEDIA PENYIMPANAN

Nama lainnya adalah storage media atau storage device. Bermanfaat untuk menyimpan data untuk diolah di masa mendatang. Contohnya adalah floppy disk, CD, DVD, USB flash drive, harddisk, dan memory card.


Floppy disk
adalah piringan tipis, bundar, dan fleksibel yang dilindungi dengan plastik segi empat. Kapasitas yang kecil, kerentanannya terhadap virus, dan harganya yang relatif mahal, membuat floppy disk kalah bersaing dengan media penyimpanan lainnya.


CD dan DVD
adalah piringan pipih bundar, terbuat dari logam yang dilapisi plastik. Untuk membaca CD atau DVD, kita memerlikan CD-drive atau DVD-drive. Kapasitas CD umumnya 700 MB, dan DVD 4 GB. Tersedia pula CD/ DVD yang dapat ditulis ulang maupun dihapus, yaitu CD-RW dan DVD-RW.


USB flash drive cukup kecil dan ringan, sehingga banyak disukai. Selain karena kapasitas yang bervariasi, proses peng-copyan data juga sangat mudah. Ditemukan pada tahun 2004 dan terus berkembang hingga sekarang.


Harddisk mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar dari lainnya. Kebanyakan berada dalah rangka komputer. 


Sedangkan memory card terdapat pada peralatan-peralatan tertentu, misalnya kamera digital, handphone dll. Kita dapat memakai card reader/ writer untuk membaca data di dalamnya.

V. MEDIA KOMUNIKASI

Communication device
menungkinkan PC untuk mengirimkan dan/atau menerima data ke komputer lain. Misalnya modem. Media transmisinya adalah kabel, saluran telepon, satelit, dan lainnya.

Sumber ilustrasi: hardwaremods.com
netbanker.com

tomshardware.com
concurringopinions.com

dansdata.com

akmal-jay.info

wikimedia.org

usacyberworld.com
Disalin dari http://aerputeh.blogspot.com/

Jakarta, 22 November 2010

2 comments:

Anonim mengatakan...

Koreksi sedikit ya bos?

Istilah System Unit atau kebanyakkan orang menyebutnya dengan CPU, perangkatnya tidak terbatas pada mainboard, prosesor, dan memori saja, tapi gabungan dari beberapa hardware dan device, secara umum (dasar) seperti mainboard/motherboard, prosesor, memori, hard disk drive, optical disk drive, casing, dan power supply unit.

Sedangkan prosesor atau CPU (Central Processing Unit), bisa dilihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pengolah_Pusat

RAM merupakan memori yang dapat dibaca dan ditulis. RAM biasanya digunakan untuk menyimpan data atau sering disebut dengan memori data saat program bekerja. Data yang ada pada RAM akan hilang bila catu daya dari RAM dimatikan sehingga RAM hanya dapat digunakan untuk menyimpan data sementara. Sedangakan pendapat berbeda dari pengertian RAM yaitu merupakan memory penyimpanan data yang isinya dapat diubah atau dihapus. Ram biasanya berisi data-data variabel dan register. Data yang tersimpan pada RAM bersifat hilang (volatile) jika catu daya yang terhubung padanya diputuskan atau dimatikan. (Rakhmat setiawan : 2006)

Maaf jika ada yang salah atau kurang berkenan...

reizazulkarnaen mengatakan...

Anonim : terimakasih atas koreksi dan tambahannya.

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!