Kamis, 07 Oktober 2010

Cara Cerdas Browsing Internet dengan RSS Feed

RSSGak mau ketinggalan informasi terbaru dari sebuah situs berita online atau ingin agar setiap ada update artikel terbaru dari sebuah weblog kesayangan, anda mengetahuinya tanpa perlu membuka weblog bersangkutan ???

Nah dengan memanfaatkan fasilitas RSS maka kita bisa lebih menghemat penggunaan internet dan juga menghemat waktu anda.

Lalu apa itu RSS , berikut kutipan dari wikipedia.org.
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol:

* Rich Site Summary (RSS 0.91)
* RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
* Really Simple Syndication (RSS 2.0)



Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.


So, dengan memanfaatkan fitur RSS pada sebuah weblog/situs lainnya maka kita bisa mengetahui minimal judul dari update terbaru situs/weblog tersebut.


Lalu bagaimana caranya agar kita mengetahui suatu situs mempunyai RSS feed?? Sangat mudah sekali, bila anda menggunakan Firefox, coba anda lihat pada ujung kanan addressbar blog ini, di sana terlihat icon cokelat. Nah itu menandakan bahwa blog ini mempunyai fitur RSS. Lihat gambar ini



Contoh untuk berlangganan RSS pada blog ini anda tinggal klik saja icon tersebut, dan pilih salah satunya. Dan akan tampil dialog konfirmasi seperti gambar di bawah ini  lalu klik Subscribe.





Dan sebuah toolbar baru akan muncul di browser firefox anda. Klik untuk melihat judul postingan terbaru dari blog ini. Toolbar tersebut juga akan otomatis mengupdate bila ada postingan atau update terbaru dari blog ini.


Beberapa blog juga biasanya menyediakan link khusus untuk subcribe RSS  pada halaman blognya. Lihat pada bagian atas kanan blog ini. Di situ saya juga menyediakan link untuk subcribe RSS dengan tulisan RSS feed. Dan dengan membuka link tersebut maka otomatis juga sebuah Toolbar baru akan berada di browser anda. Untuk situs lainnya, caranya tak jauh beda.

Cara lain untuk membaca RSS feed adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, contohnya dengan menggunakan program FeedReader dari http://www.feedreader.com yang bisa anda download di sini.

Dengan tambahan program seperti feedreader ini maka kita bisa membaca headlines terbaru dari banyak situs berita atau weblog hanya pada satu program tersebut. Dan tentu saja menghemat waktu dan menghemat penggunaan bandwith internet anda, dan tentu saja lebih cepat karena kita hanya melihat potongan beritanya saja. Dan bila kita tertarik dengan berita terbarunya, anda tinggal klik saja dan otomatis anda akan dibawa ke situs atau weblog bersangkutan.

Nah Gampang banget bukan untuk mengetahui update terbaru dari sebuah situs. Semoga bermanfaat tutorialnya.

Sumber : NeoTutorial.com
Reiza Newbie

Jakarta, 07 Oktober 2010
Back to Reiza Newbie™

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!