Selasa, 19 Oktober 2010

Aman Internetan di Warnet

WarnetBagi kita yang tidak memiliki komputer dan jaringan internet sendiri, pasti memilih untuk bermain internet di warnet alias Warung Kopi....uups Warung Internet.. Namun tahukah anda, bahwa dengan browsing di tempat umum semacam warnet bisa membuat data-data yang pernah kita kirim atau terima di warnet tersebut juga bisa diketahui oleh orang lain.

Dan untuk menghindari pencurian data-data tersebut, semisal password atau akun lainnya, berikut ini ada beberapa Trik Aman Internetan di Warnet :
Pertama
Ketika anda login pada salah satu situs baik itu untuk cek e-mail seperti yahoo ataupun login ke situs jejaring sosial semacam facebook, jangan pernah memilih pilihan untuk mengingat password serta jangan pernah lupa untuk logout ketika anda selesai menggunakannya. Namun mungkin hal tersebut sering terlupakan atau memang tidak sempat untuk logout dikarenakan perhitungan billing udah mepet  dan kita gak sempat buat logout.

Bila di warnet tersebut anda menggunakan browser firefox, untuk menghilangkan history atau data login anda sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus logout dari situs bersangkutan. Caranya dari menu Tools pilih Clear Recent History (Ctrl+Shift+Del). Dan centang semua pilihan pada dialog yang muncul. Lihat gambar di bawah ini.

Clear History Firefox

Nah dengan cara tersebut maka otomatis seluruh data history browsing kita terhapus seluruhnya tanpa harus logout. Coba bayangkan bila anda tidak logout atau memang lupa untuk logout, maka orang lain akan bisa melihat seluruh data history anda dan mungkin bila penggunanya "jahil" dia akan mengubah data akun anda.

Kedua
Berhati-hatilah ketika anda mengetikkan password, karena bisa saja di komputer yang anda pakai browsing tersebut terpasang program semacam keylogger. Keylogger adalah sebuah program pembaca ketikkan keyboard dan biasanya anti virus tidak akan mengenali keylogger sebagai program jahat, tanya kenapa??? Cari jawabannya sendiri aja yah!!!

Nah untuk menghindarinya, sebisa mungkin selalu gunakan virtual keyboard yang telah disediakan windows ketika mengetikan sebuah password, bila warnet anda menggunakan system operasi windows tentunya. Caranya dari menu Start pilih Run dan ketikan osk lalu tekan Enter atau klik OK.

Selanjutnya, hat-hati juga bila anda sering menggunakan Yahoo Messenger(YM) di warnet. Sebelum anda login, pastikan pilihan Ingat ID dan kata sandi tidak diceklis. Hal ini dimaksudkan agar ID dan kata sandi/password anda tidak tersimpan otomatis dan tidak bisa dipergunakan orang lain. Lihat gambar.

YM Login

Ketika anda sudah login dan mulai menggunakan Yahoo Messenger, jangan lupa juga untuk mengatur settingan untuk arsip/archive. Selalu pilih opsi jangan simpan pesan seperti pada gambar ini.

YM setting

Ini dimaksudkan juga agar history percakapan anda tidak tersimpan di komputer. Walaupun data percakapan yang tersimpan di komputer tersebut dienkripsi, namun kini sudah ada tool yang bisa membaca arsip percakapan Yahoo Messenger. Yang mau toolnya, coba googling aja sendiri aja yah!!!

Nah itu saja dulu beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika berinternet di tempat umum / Warnet. Moga bermanfaat !!!.
Ada yang mau nambahin...monggo!!!


Jakarta,19 Oktober 2010

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!