Jumat, 30 Juli 2010

Tips Agar Nasi Tidak Mudah Basi

Namanya juga orang Indonesia, belum merasa makan kalau belum bertemu nasi. Kadang kita memasak nasi sekaligus banyak agar tidak memasak dua kali. Namun, seringkali nasi menjadi basi. Bagaimana cara mencegah agar nasi tidak mudah basi? Simak tips berikut ini :


1. Saat memasak nasi satu liter berilah air perasan jeruk nipis satu buah. Selain nasi tidak menjadi basi, nasi terlihat lebih putih dibanding tidak diberi jeruk nipis. Tahukah anda Segudang Manfaat Jeruk Nipis ?

2. Tambahkan sehelai (secukupnya) daun pandan saat memasak nasi agar nasi menjadi wangi. Bisa juga menambahkan daun salam selama memasak nasi. Daun salam memberikan aroma wangi dan zat antimikroba.

3. Kalau mau menaruh nasi yang baru matang di tempat nasi, jangan langsung ditutup. Setelah nasi matang usahakan untuk diangkat sambil dikipasin sampai cukup dingin dengan dibolak-balik.

4. Jika memasak nasi di rice cooker, taruh serbet bersih di antara tutup rice cooker agar uapnya bisa diserap dan tidak menyebabkan basi. Bila serbet sudah terlampau basah, ganti dengan serbet yang baru.

5. Selain itu, agar tidak mubazir, sebaiknya masak nasi sesuai dengan jumlah penghuni rumah. Dengan begitu Anda tidak perlu membuang nasi yang pastinya akan basi.

6. Agar nasi tidak cepat basi PLUS LEBIH BERGIZI, ketika akan memasak beras (3 - 4 mug) silahkan tambahkan BERAS MERAH sebanyak 1-2 sendok makan.
Nah untuk lauknya atau teman nasinya, mau pakai Capcay, Fried Chicken atau apapun jadi enak deh.


Jakarta, 30 Juli 2010

2 comments:

Fathul duha mengatakan...

Makasih ya atas infonya dapat menambah pengetahuan salam kenal dari Manisan kolang kaling

Tuti Handayu mengatakan...

Bermanfaat sekali teimakasih

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!