Jumat, 25 Maret 2011

Pengertian Beta Version

Dalam pengembangan atau penciptaan suatu produk pastinya mempunyai beberapa proses yang harus dijalani agar nantinya produk tersebut mempunyai kualitas yang lebih baik dan dianggap sudah cocok untuk beredar di pasar.

Tahap pertama dalam proses membuat produk perangkat lunak / software adalah tahap Alpha artinya produk tersebut masih dalam ujicoba pihak internal perusahaan.

Tahap kedua adalah tahap Beta, pada poin ini semua proses pengembangan software dapat diujicobakan secara gratis atau dengan harga diskon baik untuk kelompok pengguna tertentu disebut Closed Beta dan untuk semua populasi tanpa ada pengecualian di sebut Open Beta.

Versi Beta sebenarnya adalah untuk meletakkan software tersebut pada sebuah tes di dunia nyata dan juga sebagai umpan balik untuk mengidentifikasi bug yang muncul sehingga dapat segera mungkin untuk diperbaiki untuk menuju versi Final.


Meskipun produk versi beta akan sering memiliki semua fitur yang tersedia dalam versi final produk, mereka umumnya memiliki keterbatasan jika ada dukungan teknis yang tersedia bagi pengguna. Namun, banyak produk seringkali akan tetap dalam versi beta selama bertahun-tahun, selama waktu tersebut digunakan oleh khalayak luas seolah-olah mereka versi penuh produk.

Kata "beta" berasal dari bahasa Yunani, untuk huruf kedua dalam alfabet. Istilah "Beta Version" atau "Beta Test" berasal dengan tes hardware awal untuk komputer IBM, di mana beta test digunakan untuk menguji apakah perangkat keras berfungsi dengan benar.
 
Saat ini, kebanyakan program software yang pertama kali dirilis dalam versi beta sebelum dipasarkan untuk rilis umum. Sebuah versi beta juga dapat diterapkan ke situs web yang sedang menguji fitur-fiturnya dan mengandalkan umpan balik audiens. Website Beta pertama kali sering ditampilkan di domain rahasia yang hanya tersedia untuk audiens menguji mereka, sebelum ditransfer ke domain riil mereka untuk melihat luas.
Reiza Zulkarnaen
Jakarta, Reiza Zulkarnaen
Back to Reiza Zulkarnaen™

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!