Minggu, 28 November 2010

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Apa sih perbedaan laptop dengan notebook??? Banyak orang masih bingung tentang perbedaan keduanya. Saya sendiri masih bingung menjawabnya. Karena penasaran langsung saja tanya Mbah Google. Akhirnya ketemu juga jawabannya di www.beritaterkinionline.com


"Pada awalnya komputer pribadi hanya ada 2 jenis, yaitu desktop dan laptop. Desktop berasal dari kata Desk (meja) dan Top (atas) yang berarti komputer yang diletakkan di atas meja. Sedangkan laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya atas, yang berarti komputer yang diletakkan di atas pangkuan.

Nah, pada perkembangannya lebih banyak orang yang bekerja dengan laptop yang ditaruh di atas meja daripada meletakannya di pangkuan. Karena memangku laptop terlalu lama bisa menjadi berbahaya, karena suhu atau hawa yang ditimbulkan komputer ini sangat panas hal ini diakibatkan oleh terbatasnya sirkulasi udara pada laptop.

Lalu muncul model laptop yang menjadi lebih kecil dan lebih ringan, di mana besar komputernya sama besar dengan buku tulis yang biasa dijinjing, yang kemudian disebut dengan notebook. Jadi sebenarnya laptop atau notebook itu sama-sama komputer mini. Yang membedakan cuma penyebutan istilah yang muncul akibat pergeseran makna di mana berpengaruh pada penempatan posisi pemakaian komputer itu sendiri."

Laptop VS Notebook
1. Dalam hal ukuran, notebook memiliki keunggulan atas laptop karena kenyataan bahwa notebook jauh lebih kecil dan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.
2. Masa pakai baterai dari sebuah laptop berkisar antara 2-3 jam tergantung pada penggunaan Anda, sedangkan yang sama di notebook berkisar antara 4-6 jam.
3. Ketika membicarakan tentang kinerja, laptop memiliki keunggulan atas notebook. Laptop jauh lebih kompatibel untuk mengubah hardware dibandingkan dengan notebook. Laptop lebih kompatibel untuk berbagai perangkat keras karena ukurannya lebih besar. Biasanya pada laptop terdapat beberapa perangkat CD atau DVD drive yang kebanyakan tidak terdapat dalam notebook.
4. Sistem pendingin di Laptop juga lebih baik daripada notebook sehingga laptop relatif lebih dingin saat digunakan.

Mana yang lebih baik: Notebook atau Laptop?
Jika berbicara tentang mana yang lebih baik antara laptop dan notebook maka akan terjadi debat kusir yang tidak akan pernah selesai karena masing-masig mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan laptop ada pada kinerja dan kompatibel dengan banyak hardware. Sendangkan notebook lebih memiliki daya tahan baterai dan harganya yang relatif murah. Semua kembali kepada Anda apakah memilih notebook atau laptop. Sesuaikanlah dengan budget dan keperluan Anda.

Lalu apa itu Netbook?
Netbook adalah sebuah perangkat komputer yang hampir sama dengan Laptop dan Notebook, namun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan kedua perangkat di atas. Netbook diproduksi khusus untuk peralatan komunikasi dan hampir tidak dapat digunakan untuk pemakaian komputer pada umumnya seperti bermain Game, Design Grafis, dll.

Karena dirancang untuk komunikasi (khusus untuk Online Internet) maka beberapa fitur yang terdapat pada Notebook serta Laptop tidak ada pula pada Netbook. Seperti, pada Netbook tidak ditemukan : Output VGA, DVD Rom, Kapasitas harddisk terbatas (bahkan ada beberapa Netbook menggunakan harddisk chip), jumlah USB terbatas (kebanyakan hanya 2 port USB), PS2 Mouse, PS2 Keyboard, Card reader dll. Selain itu software yang dapat diinstall juga terbatas, biasanya hanya software OS (Windows atau Linux), MS Office, Internet Browse dan player musik dan video. Untuk menginstall program atau OS pada komputer netbook ini diperlukan external DVD/CD rom atau eksternal harddisk.

Jakarta, 28 November 2010

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!