Kamis, 12 Agustus 2010

Tips Memasak Yang Sehat

Pada postingan yang lalu saya telah menulis tentang 5 Cara Agar Masakan Anda Tetap Sehat. Nah kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu yang saya dapatkan yaitu, Tips Memasak Yang Sehat. Makanan yang sehat merupakan hasil perpaduan sempurna dari bahan makanan yang sehat, cara memasak yang sehat serta alat masak yang sehat.


Makanan bukan hanya pemenuh kebutuhan karena lapar, tapi juga sebagai asupan gizi agar tubuh tetap sehat. Namun, saat kita memasak, kadang kala tidak mengetahui apakah benar cara memasaknya bagi kesehatan atau tidak. Beberapa kesalahan dalam memasak bisa saja karena kebiasaan yang salah, yang disebabkan belajar memasak dari awalnya asal mengikuti saja, tanpa meninjau kenapa dan mengapa harus dimasak seperti itu. Berikut adalah beberapa Tips Memasak Yang Sehat :

1. Jagalah Kebersihan Area Dapur
Permukaan meja dapur, saluran air, dinding, lantai, peralatan masak, serta alat-alat makan dalam keadaan bersih dan kering. Disinfeksi alat-alat masak dengan air hangat dan deterjen sesering mungkin, serta segera lap tumpahan makanan.

2. Jagalah Kebersihan Diri Anda
Sebelum mengolah makanan, pastikan pakaian Anda bersih, lepaskan perhiasan, termasuk cincin dan jam tangan. Cuci tangan dengan air hangat dan deterjen. Pastikan juga kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali selesai menangani bahan makanan mentah, ke toilet, atau setelah membersihkan sampah atau memegang binatang peliharaan.

3. Jauhkan Binatang Peliharaan Dari Dapur
Jangan pernah biarkan mereka berkeliaran di dapur dan ikut "bekerja" bersama Anda.


3. Jika Sedang Sakit, misalnya sakit  perut atau flu, sebaiknya Anda tidak menangani makanan.


4. Jangan Menambahkan Vetsin atau Penyedap Rasa pada Makanan
Karena : a) Menurut para Chef terkenal, seseorang disebut jago masak karena kehebatan meramu bumbu dari tangannya sendiri. b) Menurut para dokter dan pakar nutrisi & gizi, makanan dapat memicu timbulnya penyakit kanker, yaitu yang mengandung senyawa karsinogen, seperti misalnya : Monosodium Glutamat (Penyedap Rasa), Natrium Benzoat (Pengawet Makanan), Borax atau Pijar (Pengenyal Makanan). (Ardhi 2010, Yayasan Peduli Kanker Indonesia). Sebaiknya ganti Vetsin dengan Chicken Stock atau Beef Stock.

5. Jangan Sering Memasak Makanan yang Digoreng
Lebih baik direbus atau dibakar. Jika menggoreng ayam, gunakan minyak sekali pakai. Misalnya : Ayam goreng pertama digoreng di atas minyak yang baru dituangkan, itu lebih baik daripada ayam goreng kedua yang digoreng setelah ayam pertama di atas minyak yang sama.

6. Menggoreng yang Baik dengan Minyak Zaitun (Oilive Oil)
Tetapi, minyak zaitun jangan terlalu lama bila dipakai untuk menggoreng dan menumis, karena kandungan omega 3-nya akan menjadi rusak dan akan menjadi minyak yang tidak baik.

7. Jika Memasak dan Terasa Asam, Tambahlah Garam
Karena garam yang bercampur asam akan menghasilkan rasa manis yang sedap, jadi jangan ditambah gula jika masakan atau minuman terlalu asam.

8. Gunakan Sendok Untuk Mencicipi Masakan
Jangan gunakan jari atau telapak tangan. Gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci lebih dulu
Sekian dulu yah teman-teman. Nantikan tips-tips dan Kuliner lainnya.
Selamat Memasak!!!

Jakarta,12 Agustus 2010

1 comments:

oxone mengatakan...

terima kasih atas inspirasinya. makanan sehat memang sangat penting, selain itu perhatikan juga apa alat memasak Anda sudah sehat?

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!