Selasa, 20 Juli 2010

Evolusi Blogger Sejak 1999 Hingga Sekarang

Jeda sejenak dari tutorial, akan sangat menarik jika kita membahas platform tercinta kita, Blogger. Tidak terasa blogger sudah memasuki usia ke 11. Pertama kali diluncurkan oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999. Saat itu tampilan blogger masih sangat sederhana dengan dominan warna biru.




Awalnya blogger benar-benar gratis saat diluncurkan namun ketika Pyra Labs mulai kekurangan uang akhirnya para karyawan bekerja tanpa dibayar selama bermingu-minggu. Hal ini menyebabkan banyak karyawan keluar. Evan Williams, co pendiri blogger, semata-mata menjalankan perusahan untuk kepuasan pribadi. Beruntung beberapa saat kemudian Trellix berinvestasi dan blogger mulai mendapatkan sponsor hingga muncullah versi blogger Pro. Blogger juga sempat berganti muka pada tahun 2000.



Tahun 2003, Blogger dibeli Google. Ini merupakan kabar baik bagi blogger-blogger baru karena google kembali menggratiskan layanan blogger Pro. Setahun kemudian  Evan Williams meningggalkan blogger. Tahun 2004 Blogger mulai melebarkan sayap dengan membeli Picasa. Hal ini membuat hubungan yang semakin mudah dalam soal upload gambar.

Tahun 2004 juga, blogger kembali berganti kulit diikuti penambahan banyak fitur baru seperti komentar, template kustom dan posting melalui email. 14 Agustus 2006 blogger semakin mantap dengan versi beta. Kembali pengembangan berbagai fitur dilakukan hingga akhirnya Mei 2007 blogger resmi menghapus versi beta dan telah benar-benar siap untuk lebih professional.


Ada fakta menarik lain yakni adanya 2 negara yang block blogger selamanya, yakni Turki dan Pakistan dengan alasan yang tak pernah jelas hingga sekarang.

Selengkapnya di www.MasDoyok.co.cc Evolusi Blogger Sejak 1999 Hingga Sekarang

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!