Kamis, 10 Juni 2010

Jangan Remehkan Waktu Tidur Anda

Seorang pria berusia 42 tahun, CEO sebuah perusahaan yang super sibuk, aktif berolah-raga dan seorang pelari marathon. Meninggal secara mendadak setelah jatuh pingsan dan terkena serangan jantung. Ternyata dengan segala kesibukan dan aktifitasnya, ia hanya tidur 4-5 jam setiap hari. Riset menunjukkan kurang dari 5 jam tidur perhari meningkatkan resiko 3 kali lipat terkena serangan jantung.
Tidur bisa jadi sama alamiahnya dengan bernafas dan makan. Tetapi banyak orang mengalami kesulitan untuk dapat tidur nyenyak. Padahal kualitas tidur menjadi salah satu faktor penting penunjang "keberhasilan" seseorang dalam menjalankan aktivitasnya sehari penuh.
Tidur yang cukup  dan berkualitas (kebutuhan tidur 7 jam perhari) memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh sampai membuat kepribadian lebih baik. Tak hanya itu tidur juga bisa menambah kemampuan penglihatan, konsentrasi dan bermanfaat untuk kecantikan.
Sulit tidur dan tidak tidur bermalam-malam dapat disebabkan oleh bermacam-macam faktor, terutama terlalu lelah, stres dan suasana lingkungan. Bila dibiarkan berlarut-larut akan mengganggu aktifitas sehari-hari dan mengganggu kesehatan.
Bagaimana memperoleh tidur berkualitas?
  • Hindari tidur siang.
  • Makan malam selambatnya 3 jam sebelum tidur.
  • Hindari terlalu banyak minum, terutama yang mengandung kafein setelah tengah hari apalagi minuman beralkohol.
  • Rileks. Bila anda merasa tegang saat hendak tidur, cobalah mandi dengan air hangat dan sabun aroma terapi atau latihan pernafasan.
  • Hindari menonton TV di tempat tidur. Tayangan yang membuat anda "resah" seperti bencana atau berita mengenai kriminalitas sebelum tidur,tanpa disadari terekam di alam bawah sadar dan dapat mempengaruhi tidur anda.
  • Tidak membaca atau membawa pekerjaan ke tempat tidur, apalagi sambil ngemil atau bertelepon.
  • Atur temperatur ruangan hingga pada tingkat yang nyaman. Ruangan yang terlalu panas atau dingin kurang baik untuk tidur.
  • Tidurlah di tempat tidur yang nyaman. Tidur di atas tempat tidur yang terlalu keras atau terlalu empuk dapat membuat letih dan sakit punggung.
  • Usahakan tidur tidak terlalu malam. Tetapkan waktu yang sama setiap malamnya. Ini membantu membiasakan tubuh anda hingga akhirnya menjadi rutinitas.
  • Berdo'a sebelum tidur. Bebaskan pikiran dari kekuatiran akan masalah pribadi maupun pekerjaan
Perhatian !!!
Informasi ini tidak ditujukan sebagai pengganti nasehat dan penanganan dari tenaga ahli medis. Jika gangguan tidur masih terjadi, konsultasikan ke ahli medis untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan kesehatan dan diet.

0 comments:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel. Komentar Anda akan kami review dahulu sebelum ditampilkan !!!